PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTLEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG

SUSANTI, WATI (2013) PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTLEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah Sumbang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel melalui p embelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah Sumbang dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki -laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dimana mater i 2 pertemuan (2x40 menit) dan evaluasi 1 pertemuan (1x40 menit). Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan angket kemandirian belajar siswa. Prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata -rata kemandirian siswa 49,6% dengan kriteria cukup dan nilai rata -rata tes evaluasi 59,89 dan ketuntasan belajar 44,44% dengan kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh nilai rata -rata kemandirian siswa 64, 2% dengan kriteria cukup dan nilai rata -rata tes evaluasi 73,47 kriteria baik dengan ketuntasan belajar 52,77%. Pada siklus III diperoleh nilai rata -rata kemandirian siswa 70,6% dengan kriteria baik dan nilai rata -rata tes evaluasi 82,3 kriteria sangat bai k dengan ketuntasan belajar 86,11%. Hasil ini menunjukan bahwa p embelajaran SAVI dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah Sumbang

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kusno, M. Pd, dan Drs. Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Prestasi Belajar Matematika, Pembelajaran SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual )
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:51
Last Modified: 04 Jan 2018 07:51
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6767

Actions (login required)

View Item View Item