PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD N 2 BOJONGSARI

PUSPITASARI, ADE YULIA (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SD N 2 BOJONGSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADE YULIA PUSPITASARI COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE YULIA PUSPITASARI BAB I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE YULIA PUSPITASARI BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
ADE YULIA PUSPITASARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
ADE YULIA PUSPITASARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
ADE YULIA PUSPITASARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img]
Preview
Text
ADE YULIA PUSPITASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
ADE YULIA PUSPITASARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melelui Pembelajaran Kooperatif tipe make a match. Penelitian ini telah dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 2 Bojongsari yang terdiri dari 45 siswa yaitu 18 siswa putra dan 27 siswa putri. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe make a match. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prsetasi siswa dan lembar observasi untuk mengukur partisipasi siswa dan aktivitas guru.Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 61,78 dengan ketuntasan belajar 42,22% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,11 dengan ketuntasan belajar 91,11%. Hasil pengamatan partisipasi siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 68,2% dan siklus II sebesar 82,25%. Hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 82,5%. Jadidapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif tipemake a match dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada kelas V SD Negeri 2 Bojongsari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi Belajar, Tipe Make a Match
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 01:51
Last Modified: 29 Dec 2017 01:51
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item