PEMAHAMAN MEMBACA DAN TANGGAPAN SISWA KELAS VIII SMP BRUDERAN PURWOKERTO TERHADAP NOVEL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMILIHAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER

FITRIANA, DIAN (2013) PEMAHAMAN MEMBACA DAN TANGGAPAN SISWA KELAS VIII SMP BRUDERAN PURWOKERTO TERHADAP NOVEL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMILIHAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN FITRIANA COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN FITRIANA BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN FITRIANA BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
DIAN FITRIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
DIAN FITRIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
DIAN FITRIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
DIAN FITRIANA BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
DIAN FITRIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hubungan antara pemahaman membaca dan tanggapan siswa terhadap novel Negeri 5 Menara, (2) menjelaskan pengklasifikasian pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Bruderan Purwokerto, (3) menjelaskan tanggapan siswa terhadap novel Negeri 5 Menara sesuai dengan klasifikasi tersebut, dan (4) menjelaskan pemaknaan yang diberikan siswa dalam implikasinya pada pemilihan bahan ajar berbasis karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran kuantitatif-kualitatif dengan Explanatory Mixed Methods Designs, yaitu Quan follow up qual. Data pemahaman membaca dikumpulkan dengan tes, sedangkan data untuk tanggapan menggunakan catatan lapangan dan tugas menulis. Hasil tes pemahaman membaca dianalisis dengan ANATES. Hubungan antara pemahaman membaca dan tanggapan terhadap novel Negeri 5 Menara dicari dengan rumus Korelasi Product Moment. Sementara itu, tanggapan siswa dianalisis dengan profil penilaian menulis untuk data kuantitatif dan domain ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik berdasarkan Bloom’s taxonomy, Krathwohl taxonomy dan Simpson taxonomy untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsuddin A. R., M. S. dan Dr. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: pemahaman membaca, tanggapan, novel, bahan ajar, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 05 Dec 2017 04:21
Last Modified: 05 Dec 2017 05:21
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item