KUSUMA, SATRIA JATI (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ROUND ROBIN BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SD NEGERI 1 MANDURAGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Satria Jati Kusuma_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Satria Jati Kusuma_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_BAB I.pdf]
Preview
Text
Satria Jati Kusuma_BAB I.pdf

Download (815kB) | Preview
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_BAB II.pdf]
Preview
Text
Satria Jati Kusuma_BAB II.pdf

Download (882kB) | Preview
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_BAB III.pdf] Text
Satria Jati Kusuma_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_BAB IV.pdf] Text
Satria Jati Kusuma_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_BAB V.pdf] Text
Satria Jati Kusuma_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Satria Jati Kusuma_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of Satria Jati Kusuma_LAMPIRAN.pdf] Text
Satria Jati Kusuma_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SD Negeri 1 Manduraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Manduraga yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (soal isian) dan non tes (angket dan observasi). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe round robin berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata 3,07 dengan kriteria baik dan persentase 76,81%, siklus II nilai rata-rata 3,43. dengan kriteria sangat baik dan persentase 85,75%, Selisih persentase nilai rata-rata dari siklus I dan II yaitu 8,94%. Penggunaan model pembelajaran kolaberatif tipe round robin berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Rata-rata pada siklus I adalah 66,00 dengan ketuntasan belajar 55,17%. Peningkatan pada siklus II telah mencapai indikator dengan rata-rata 88,71 dan ketuntasan belajar 93,10%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe round robin berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Manduraga.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Round Robin, Video Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:40
Last Modified: 09 Nov 2017 03:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5249

Actions (login required)

View Item View Item