PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 TAMBAKSARI

ALRIYANTI,, DESI (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 TAMBAKSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 1 Tambaksari. Penyebabnya karena orang tua tidak menegur atau menasehati ketika anaknya lebih memilih nonton TV dan bermain dari pada belajar, dan siswa hanya belajar pada saat aka ada ulangan saja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Tambaksari, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Tambaksari, (3) pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Tambaksari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Tambaksari tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan t araf kesalahan sebesar 1%, sehingga sampel didapat sebanyak 32. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linieritas regresi, analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan = 0,753 dan > atau 6,267 > 1,697 dan dengan persamaan regresi linier sederhana = 11,729 + 2,923 . Kebiasaan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan hasil = 0,736 dan > atau 5,963 > 1,697 dan persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 21,188 + 3,851 . Pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar jika dilakukan secara bersama-sama juga menunjukkan hasil r = 0,796 dan > atau 24,772 > 3,333 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yaitu = 9,94 + 1,783 + 2,035 .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Dr. Ana Andriani, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Kebiasaan belajar dan Prestasi belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:56
Last Modified: 21 Oct 2017 02:56
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item