ANALISIS IMPLEMENTASI BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG

AKBAR, KHAFIF ALI (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
BAB III_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_KHAFIF ALI AKBAR_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buku teks merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memegang peranan sangat penting. Dalam implementasi kurikulum 2013 buku teks yang digunakan adalah buku teks baru yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Buku teks PPKn digunakan sebagai alat untuk memantau seberapa jauh ketercapaian siswa dalam mengikuti pelajaran serta dijadikan teman belajar ketika tidak sedang berada dalam lingkungan kelas. Sebab keterbatasan waktu tatap muka membuat siswa harus berupaya memperkaya pengetahuan melalui berbagai sumber. Salah satunya melalui buku teks. Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran buku teks, hendaknya dalam menggunakan buku teks PPKn guru harus menyesuaian diri dengan tujuan dari kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi buku teks PPKn pada kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Ajibarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru, SiswadanKepalaSekolah. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasil angsung, dokumentasi dan studi literature. Analisis data dengan 3 tahapanyaitureduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi buku teks belum maksimal, salahs atunya yaitu pemahaman guru PPKn terhadap buku teks kurikulum 2013 masih belum komprehensif, serta dalam implemebtasi buku teks PPKn kurikulum 2013 rasio buku belum sesuai dengan jumlah siswa yang ada di SMP Negeri 2 Ajibarang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pendidikan: Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si dan Elly Hasan Sadeli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Buku teks PPKn dan kurikulum 2013
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:18
Last Modified: 18 Jan 2017 06:18
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item