APRILIANI,, TATIK (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)DI KELAS V MIM PASIRMUNCANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif
tipe TGT dapat: 1) meningkatkan sikap tanggung jawab siswa 2) meningkatkan
prestasi belajar siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Penelit
ian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V MIM Pasirmuncang tahun pelajaran 2016/2017.
Data penelitian yang diambil berupa sikap tanggung jawab dan prestasi belajar
siswa. Data dip
eroleh melalui tes, observasi, skala sikap dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil
menunjukkan bahwa, 1) penerapan model kooperatif tipe TGT pada materi
peristiwa sekitar proklamasi dapat meningkatkan
sikap tanggung jawab siswa.
Peningkatan sikap tanggung jawab siswa dapat dilihat dari kenaikan rata
-
rata pada
siklus I sebesar 3,91 menjadi 4,66 pada siklus II, 2) penerapan model kooperatif
tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat dilihat
pada ketuntasan
siswa pada siklus I adalah 69,23% meningkat menjadi 92,30% pada siklus II.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, sikap tanggung jawab dan prestasi belajar, team games tournament
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:11
Last Modified: 11 Jun 2024 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item