PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PRODUK FASHION DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT PADA MAHASISWA

AMELIA, KIKI (2020) PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PRODUK FASHION DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT PADA MAHASISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Cover KIKI AMELIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I KIKI AMELIA-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II KIKI AMELIA-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III KIKI AMELIA-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV KIKI AMELIA-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V KIKI AMELIA-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
Daftar Pustaka KIKI AMELIA-7.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran KIKI AMELIA-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan perilaku konsumtif terhadap produk fashion ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa dan menguji perbedaan perilaku konsumtif terhadap produk fashion ditinjau dari tipe keprbadian ekstrovert-introvert, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 106 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Incidental Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku konsumtif terhadap produk fashion dan skala tipe kepribadian ekstrovert-introvert menggunakan Eysenck’s Personality Inventory. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Independent Sampel T-test. Skala perilaku konsumtif terhadap produk fashion memiliki koefisien validitas aitem bergerak 0,258 sampai 0,676 dengan nilai reliabilitas 0,928. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang sudah dilakukan oleh Syahrial pada tahun 2007 dengan hasil seperti ini, alat tes EPI ini mempunyai taraf uji validitas berkisar antara 0,1647-0,4621 dan taraf uji reliabilitas 0,7963 . Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa laki laki dan mahasiswa perempuan dengan memperoleh t-test sebesar 1,287 nilai signifikansi 0,021 (p<0,05) antara mahasiswa laki – laki dengan mahasiswa perempuan dengan perolehan mean (Mperempuan = 120,86 dan Mlaki-laki = 117,58) dengan demikian mahasiswa berjenis kelamin perempuan berperilaku konsumtif lebih tinggi dibandingkan mahasiswa berjenis kelamin laki – laki. Hasil analisis data terdapat perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa berkepribadian ekstrovert dan introvert dengan memperoleh t-test sebesar 5,792 nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) antara mahasiswa berkepribadian ektrovert dengan mahasiswa berkepribadian introvert memperoleh mean (Mekstrovert = 39,57 dan Mintrovert = 33,50) dengan demikian mahasiswa berkepribadian ekstrovert berperilaku konsumtif lebih tinggi dibandingkan mahasiswa berkepribadian introvert.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Jenis Kelamin, Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:47
Last Modified: 22 May 2024 03:39
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item