KUR NIAWAN, ALFI MUKLIS (2017) KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM KEGIATAN PRESENTASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANCURENDANG. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - COVER.pdf]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB I.pdf]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB II.pdf]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB III.pdf] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB IV.pdf] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB V.pdf] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of ALFI MUKLIS KURNIAWAN -  LAMPIRAN.pdf] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan kegiatan berkomunikasi menjadi sebuah hal yang
sangat pokok guna berjalannya sebuah proses pendidikan, baik dalam kegiatan
yang sifatnya verbal
sampai kepada kegiatan visual.
Dalam kegiatan
berkomunikasi hendaknya
seseorang harus memiliki kemampuan dalam berbicara
.
Kemampan berbicara dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek kebahasaan
dan non kebahasaan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
kemampuan berbicara siswa dan permasalahan yang dialami
siswa, sehingga
dapat diketahui faktor penyebab permasalahan tersebut.
Jenis penelitian
yang
dipakai adalah
deskriptif kuantitatif dan melakukan penelitian di SD Negeri 1
Pancurendang untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Met
ode yang
pen
eliti gunakan
dengan
tes, wawancara, observasi.
Hasil dari penelitian ini
adalah
kemampuan belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Pancurendang sebagian
besar memiliki kemampuan berbicara yang Baik dengan skor 91 dan rata
-rata 3,7.
Permasalahan ketika berbicara yang pali
ng banyak dialami siswa saat berbicara
antara lain adalah
tidak memandang
audiens
ketika sedang berbicara didepan
kelas, Tidak lancar ketika b
erbicara, kurang menguasai topik
cerita yang
disampaikan, dan gerak
-gerik serta mimik muka yang tidak tenang.
Fakt
or
penyebab Kesalahan Ber
bicara siswa antara lain adalah
malu ketika sedang
berbicara didepan teman
-temannya didepan kelas, tid
ak menguasai materi dengan
baik
ragu
-ragu dalam mengucapkan setiap kalimat dan rasa takut untuk berbicara
didepan kelas.
Berdasarkan hasil di
atas maka dapat disimpulkan bahwa
kemampuan berbicara siswa
kelas V di SD Negeri 1 Pancurendang
sudah baik.
Peramasalahan yang sering dialami siswa adalah kurangnya rasa percaya diri pada
siswa sehingga siswa dalam komunikasi di depan
kelas merasa grogi. Saran dari
peneliti untuk guru yaitu sebaiknya siswa dibiasakan untuk dilatih berbicara di
depan kelas pada saat pembelajaran
.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: 1. Drs. Supriatna, M.Pd. 2. Dhi Bramasta, S.Si ., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara, Presentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:20
Last Modified: 21 Mar 2017 09:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item