HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

, RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - COVER.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - BAB II.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - BAB III.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - BAB IV.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - BAB V.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHUL SUKUR PUTRA PAMUNGKAS - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto dan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah berupa hasil angket mengenai pola asuh orang tua dan dokumentasi nilai PAS genap mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang paling diterapkan orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rembang adalah pola asuh demokratis sebesar 90%, pola asuh otoriter sebesar 2,5%, dan pola asuh permisif sebesar 7,5%. Sedangkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rembang sejumlah 1 siswa tergolong sangat baik, sejumlah 6 siswa tergolong baik, 6 siswa tergolong cukup, dan 27 siswa tergolong kurang. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan hasil belajar bahasa Indonesia sebab diperoleh taraf signifikansi 5% yaitu 0,300 < 0,312 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 0,300 < 0,403 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,300 yang bersifat positif dan memiliki tingkat hubungan rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. 2. Dra. Hj. Siti Fathonah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 19 Mar 2020 00:44
Last Modified: 19 Mar 2020 00:44
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9874

Actions (login required)

View Item View Item