KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX A DAN IX B SMP NEGERI 5 KROYA

NURFITRIYANTI, INTAN (2019) KEEFEKTIFAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX A DAN IX B SMP NEGERI 5 KROYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pendekatan kontekstual pada kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX A dan IX B SMP Negeri 5 Kroya. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kroya, Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018-2019. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX A dan IX B sebanyak 26 siswa. kelas IX A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX B sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua tes yaitu tes awal dan tes akhir. Masing-masing kelompok melaksanakan kedua tes tersebut yaitu tes awal atau pretes dan tes akhir atau postes. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pretes dan postes. Instrument penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) efektif dalam pembelajaran menulis cerpen kelas IXA atau kelompok eksperimen SMP Negeri 5 Kroya. Hal tersebut terbukti dari hasil pembelajaran pada pretes dan post tes kelompok eksperimen yang meningkat. Pada nilai rata-rata pretes kelompok eksperimen mencapai 57,31 dengan presentase ketuntasan 4 % atau sebanyak 1 siswa dengan nilai tertinggi 75. Sedangkan pada nilai rata-rata postes pada kelompok eksperimen mencapai 79,85 dengan presentase ketuntasan 96% atau sebanyak 24 siswa dengan nilai tertinggi 91. Data tersebut menunjukkan bahwastrategi pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) efektif terhadap kemampuan menulis cerpen kelas IX A.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M. Pd., dan Dra. Siti Fathonah, M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, efektivitas, menulis, strategi pendekatan kontekstual
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:50
Last Modified: 07 Jan 2020 02:50
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9767

Actions (login required)

View Item View Item