PENGARUH KETERLIBATAN PENGGUNA, KOMPETENSI PENGGUNA, SERTA DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Rumah Sakit di Kabupaten Banyumas)

RACHMAT, FREDY KURNIANTO (2019) PENGARUH KETERLIBATAN PENGGUNA, KOMPETENSI PENGGUNA, SERTA DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Rumah Sakit di Kabupaten Banyumas). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fredy Kurnianto Rachmat_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fredy Kurnianto Rachmat_BAB I.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fredy Kurnianto Rachmat_BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
Fredy Kurnianto Rachmat_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fredy Kurnianto Rachmat_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fredy Kurnianto Rachmat_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Fredy Kurnianto Rachmat_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
Fredy Kurnianto Rachmat_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi, yaitu menganalisis pengaruh keterlibatan pengguna, kompetensi pengguna, serta dukungan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah responden yang menjabat sebagai kepala bagian dan karyawan bagian keuangan dan akuntansi yang memakai sistem TI di rumah sakit. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan penelitian adalah metode analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan pengguna dapat direfleksikan dengan indikator frekuensi penggunaan sistem dan kebersediaan pengguna, keterlibatan pengguna yang semakin sering maka akan meningkatkan kinerja SIA. Kompetensi pengguna dapat direfleksikan dengan indikator keahlian (Skill), pengetahuan (Knowledge), Self Concept dan motif (Motive), semakin tinggi kompetensi yang dimiliki pengguna maka semakin baik pula kinerja SIA. Dukungan manajemen puncak dapat direfleksikan dengan indikator penyelarasan tujuan, pengalokasian sumber daya dan keterlibatan manajemen puncak, semakin baik dukungan manajemen puncak maka kinerja SIA juga akan meningkat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterlibatan pengguna, kompetensi pengguna serta dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Azmi Fitriati, M.Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Keterlibatan Pengguna, Kompetensi Pengguna, Dukungan Manajemen Puncak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:40
Last Modified: 02 Jan 2020 03:40
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item