INDRAWATI, RINA (2019) PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (791kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (624kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme dengan tujuan, untuk mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah serta mengetahui tingkat nasionalisme yang dimiliki peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan catatan dokumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran sejarah berlangsung. Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya menjelaskan materi yang berkaitan dengan sikap nasionalisme, namun guru juga memberikan motivasi agar peserta didik lebih memahami pentingnya memiliki sikap nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. Faktor yang mempengaruhi sikap nasionalisme ada dua faktor yakni, faktor dari dalam (Internal) adalah faktor dari dalam peserta didik itu sendiri. Contohnya, kemauan peserta didik dalam bertindak sesuai dengan apa yang telah dijelaskan guru, dan faktor dari luar (Eksternal) adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik itu sendiri. Contohnya, faktor lingkungan atau pergaulan yang sangat mempegaruhi dalam pengembangan sikap nasionalisme peserta didik, serta faktor lainnya yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru khususnya guru sejarah dalam menyampaikan materi dan memberikan motivasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. Tanto Sukardi, M.Hum., dan Farida Luwistiana, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Sejarah, Sikap nasionalisme |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 03:38 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 03:38 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |