RENDRAGRAHA, AGA WAHYU (2019) MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN STUDI DI BPSK KABUPATEN TEGAL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Aga Wahyu Rendragraha_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_BAB I.pdf]
Preview
Text
Aga Wahyu Rendragraha_BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_BAB II.pdf]
Preview
Text
Aga Wahyu Rendragraha_BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_BAB III.pdf] Text
Aga Wahyu Rendragraha_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_BAB IV.pdf] Text
Aga Wahyu Rendragraha_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_BAB V.pdf] Text
Aga Wahyu Rendragraha_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Aga Wahyu Rendragraha_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of Aga Wahyu Rendragraha_LAMPIRAN.pdf] Text
Aga Wahyu Rendragraha_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa mediasi yang diutamakan untuk menjadi proses penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK Kabupaten Tegal, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh BPSK ketika melakukan mediasi yang dilakukan dalam menangani kasus atau sengketa yang diajukan dalam BPSK Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis normatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mediasi menjadi proses penyelesaian sengketa yang diutamakan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Tegal, karena mediasi menjadi penyelesaian sengketa yang dapat meminimalisir kerugian yang ditanggung oleh konsumen dan pelaku usaha yang bersengketa, membuat penyelesaian sengketa lebih efisien dan efektif dan Hambatan yang dihadapi BPSK Kabupaten Tegal ketika melakukan mediasi yang dilakukan dalam menangani kasus atau sengketa yang diajukan dalam BPSK Kabupaten Tegal:faktor sumber daya manusia, faktor sarana dan prasarana, faktor kurang memahaminya konsumen atas kewajibannya untuk melaksakan kesepakatan yang telah dibuat dan disepakati bersama dengan pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Marsitiningsih, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Mediasi; Penyelesaian Sengketa Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Sep 2019 00:53
Last Modified: 02 Jan 2025 04:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9332
[error in script]

Actions (login required)

View Item View Item