UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN SISWA KELAS V MELALUI MODELVALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE PERISAI KEPRIBADIAN DI SD AL IRSYAD 1 PURWOKERTO

LESTARI, NURTIA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN SISWA KELAS V MELALUI MODELVALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TIPE PERISAI KEPRIBADIAN DI SD AL IRSYAD 1 PURWOKERTO. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nurlita Lestrari COVER.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurlita Lestrari BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurlita Lestrari BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
Nurlita Lestrari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
Nurlita Lestrari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurlita Lestrari BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
Nurlita Lestrari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara menunjukkan masih kurangnya kedisiplinan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Al Irsyad 1 Purwokerto mata pelajaran PKn materi contoh peraturan perundang-undangan. Permasalahan yang ada harus diatasi berkaitan dengan kedisiplinan dan prestasi belajar PKn, Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar mata pelajaran PKn materi contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah melalui model pembelajaran Value Clarification Technique tipe Perisai Kepribadian. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Al Irsyad 1 Purwokerto dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi guru dan siswa, wawancara dengan siswa dan guru, lembar skala sikap, dan tes. Data hasil perilaku disiplin siswa diperoleh dari lembar skala sikap yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian perilaku disiplin sehari-hari siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 89%, siklus II sebesar 96%, dan hasil penelitian perilaku disiplin siswa berkaitan dengan materi diperoleh nilai persentase siklus I sebesar 93,82%, siklus II sebesar 94,67%, sedangkan hasil penelitian prestasi belajar diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 80,64% dan siklus II sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku disiplin dan prestasi belajar siswa kelas V SD Al Irsyad dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik Value Clarification Technique tipe Perisai Kepribadian.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Sri Harmianto, M.Pd. 2. Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Disiplin,Prestasi Belajar, PKn, Value Clarification Technique tipe Perisai Kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 10 Jan 2019 04:30
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item