NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE

TRISNANTI, INDAH (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB III_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB V_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_INDAH TRISNANTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Pulang karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam novel Pulang karya Tere Liye. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan didaktis. Pendekatan didaktis adalah pendekatan apresiasi karya sastra dengan cara memahami gagasan, tanggapan evaluatif dan sikap pengarang terhadap kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks yang mengandung nilai-nilai pendidikan dalam novel Pulang karya Tere Liye. Sumber data penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam novel Pulang karya Tere Liye, memuat nilai-nilai pendidikan yang berupa nilai pendidikan moral dan sosial. Nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Pulang yaitu:(1) mengembangkan etos kerja dan belajar, yakni pantang menyerah, memiliki semangat dalam belajar, (2) memiliki rasa keterbukaan, yakni memiliki keterusterangan terhadap apa yang dipikrkan, (3) mampu mengendalikan diri, mampu mengatur dirinya sendiri berkenaan dengan kemampuan, (4) mengembangkan potensi diri, yakni perilaku untuk membuat keputusan sesuai dengan kemampuannya mengenal, bakat dan minat, (5) memiliki rasa kesetiakawanan, yakni mencerminkan kepedulian terhadap orang lain, (6) saling menghormati, yakni saling menghargai dalam hubungan antar individu, saling bertegur sapa, (7) memiliki sopan santun dan tata krama, yakni sikap dan perilaku dalam bertindak tutur dan tidak menyinggung orang lain. Nilai sosial yang terdapat dalam novel Pulang yaitu (1) kepedulian, yakni memperhatikan dan menghiraukan orang lain, (2) disiplin, yakni disiplin terhadap waktu, (3) empati, yakni memiliki rasa peduli, terhadap orang lain, (4) toleransi, menghargai pandangan orang lain, (5) kerjasama, yakni kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan yang sama, (6) baik hati, yakni sikap luhur baik perkataan maupun perbuatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sukristanto, M. Pd., dan Dra. Eko Sri Israhayu, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, novel
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:50
Last Modified: 23 Feb 2017 07:50
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item