ESTI NURUL PRATIWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PEKALONGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER = ESTI NURUL PRATIWI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II = ESTI NURUL PRATIWI.pdf Download (734kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
![]() |
Text
BAB IV = ESTI NURUL PRATIWI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V = ESTI NURUL PRATIWI.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf Download (743kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN - ESTI NURUL PRATIWI-4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
lmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang
mengkaji tentan
g peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan
isu sosial.
IPS pada
jenjang
sekolah dasar
mata pelajaran IPS memuat materi
geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi.
Berdasarkan p
engamatan yang diperoleh
terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar di kelas IV SD Negeri 2
Pekalongan pada mata pelajaran IPS
,
hasil observasi diketahui bahwa prestasi
belajar
siswa k
elas IV
masih rendah
. Guru dalam model pembelajaran
snowball
throwi
ng
lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
keterampilan menyimpulkan isi berita atau informasi yang
diperoleh dalam
konteks nyata dan situasi yang kompleks.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS menggunakan model
pembelajaran
snowball throwing
di kelas IV SD Negeri 2 Pekalongan Kecamatan
Bojongsari Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017
.
Dari hasil
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang telah dilaksanakan dalam tiga siklus di
kelas IV SD Negeri
2 Pekalongan
materi
mengenal permasalahan sosial di
daerahnya menggunakan
model pembelajaran
snowball throwing
, dapat
disimpulkan sebagai berikut :
Penggunaan model pembelajaran
snowball throw
ing
dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa.
Peningkatan tersebut dapat dilihat
pada setiap siklusnya. Pada siklus I
hanya memperoleh jumlah
11,72, jumlah skor
mentah 5,8 dengan persentase 36,25
% dan termasuk kategori kurang. Sedangkan
pada siklus II m
emperoleh jumlah
19,7 jumlah skor mentah 9,85 dengan
persentase 61,56
% dan termasuk kategori baik
Penggunaan model pembelajaran
snowball throwing
dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa.
Peningkatan
tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada si
klus I
hanya memperoleh
jumlah
11,72, jumlah skor mentah 5,8 dengan persentase 36,25
% dan termasuk
kategori kurang. Sedangkan pada siklus II memperoleh jumlah
19,7 jumlah skor
mentah 9,85 dengan persentase 61,56
% dan termasuk kategori baik
penggunaan
model
pembelajaran
snowball throwing
dapat
meningkatkan
prestasi
belajar
siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Rata
-rata pada
siklus I adalah
6,92
dengan ketuntasan belajar 44
%. Pada siklu
s II meningkat
dengan rata
-rata 8,8
dan
ketuntasan belajar 100
%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | 1. Drs. Pamujo, M. M., M.Pd 2. Cicih Wiarsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Prestasi Belajar, Model pembelajaran, snowball throwing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 01:41 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 01:23 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |