SISWATI, KAMILAH (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (Kajian Eksperimental terhadap Siswa Kelas V SD Negeri 4 Krandegan Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
KAMILAH SISWATI COVER.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
KAMILAH SISWATI BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
KAMILAH SISWATI BAB II.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text
KAMILAH SISWATI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
Text
KAMILAH SISWATI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
||
Text
KAMILAH SISWATI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
||
Text
KAMILAH SISWATI BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
|
Text
KAMILAH SISWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
KAMILAH SISWATI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas V S D Negeri 4 Krandegan Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 4 Krandegan Kabupaten Banjarnegara. Sampel adalah kelas VB sebagai kelompok kontrol dan kelas VC sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (soal uraian terbuka) yang dipakai untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas V S D Negeri 4 Krandegan Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa, terbukti dari hasil uji t diperoleh thitung sebesar 4,651 > ttabel 1,69. Artinya ada perbedaan penguasaan kosakata yang signifikan antara hasil pembelajaran dengan pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran konvensional. Penguasaan kosakata kelas eksperiment jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata skor penguasaan kosakata siswa kelas eksperimen adalah 89, lebih besar dibandingkan skor penguasaan kosakata siswa kelas kontrol yaitu 79. Selisih perbedaan rata-rata penguasaan kosakata kedua kelompok tersebut adalah 10.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Dudih Amir Zuhud, M.A., dan Dr. Furqonul Aziez, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | metode Pembelajaran Kolaboratif, Penguasaan Kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 02:12 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 02:12 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7265 |
Actions (login required)
View Item |