EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PENGUASAAN TANDA BACA DAN EJAAN (Studi eksperimen terhadap siswa kelas VI SDN 1 Pajerukan UPK Kalibagor Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2012)

ASTUTI, IDA (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PENGUASAAN TANDA BACA DAN EJAAN (Studi eksperimen terhadap siswa kelas VI SDN 1 Pajerukan UPK Kalibagor Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2012). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IDA ASTUTI COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IDA ASTUTI BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IDA ASTUTI BAB II.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
IDA ASTUTI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
IDA ASTUTI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
IDA ASTUTI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
IDA ASTUTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
IDA ASTUTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Pajerukan, kecamatan Kalibagor dalam menguasai penggunaan tanda baca dan ejaan antara sebelum dan sesudah menggunakan macromedia flash, serta keefektifan penggunaan macromedia flash dalam pembelajaran tanda baca dan ejaan bagi siswa kelas VI SD Negeri 1 Pajerukan, kecamatan Kalibagor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dari hasil postes terhadap kedua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, siswa yang mendapat nilai 80 ke atas, pada kelas eksperimen mencapai 100%, dan kelas kontrol hanya mencapai 26,92 %. Hasil pembelajaran tanda baca dan ejaan yang menggunakan macromedia flash dan tanpa menggunakan macromedia flash ada perbedaan. Hal dibuktikan dengan jumlah total nilai X (menggunakan macromedia flash ) dan Y (tanpa menggunakan macromedia flash/konvensional ) adalah 2294 dan 2016, sehingga terdapat selisih 278. Rata – rata nilai antara X dan Y adalah 95,58 dan 77,54 atau terdapat perbedaan 18,04. Untuk menguji hipotesis kefektifan dari pembelajaran perhitungan uji-t tersebut diperoleh nilai thitung adalah 9,087 , dengan derajat kebebasan (d.b) dengan rumus (n1 + n2) – 2 (Sugiyono, 2010 : 272) adalah (24 + 26) – 2 = 48. Pengambilan keputusan dan penarikan keputusan atas hipotesis alternatif (Ha) dilakukan pada taraf signifikan 5%. Selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai tabel atau harga kritis pada tingkat kepercayaan 0,05 adalah 1,684. Sehingga diperoleh thitung > ttabel atau 9,087 > 1,684 . Hal ini memberikan arti bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan pembelajaran tentang tanda baca dan ejaan yang menggunakan macromedia flash lebih efektif daripada pembelajaran tanda baca dan ejaan tanpa menggunakan macromedia flash, diterima. Berdasarkan hasil penelitian, kiranya dengan makromedia flash dapat memberikan manfaat kepada siswa untuk memahami materi lebih dalam, dan dapat menghilangkan kejenuhan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Dr. H. Dudih Amir Zuhud, M.A. dan Dr.Sri Parwati M.S.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, macromedia flash, tanda baca, ejaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:08
Last Modified: 12 Jun 2024 06:59
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7262

Actions (login required)

View Item View Item