Sungedi, Soleh (2013) Efektivitas Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Motivasi Menulis Kritik Sastra Dan Kemampuan Menulis Kritik Sastra (Kajian Eksperimental Pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of SOLEH SUNGEDI COVER.pdf]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI COVER.pdf

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB I.pdf]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB II.pdf]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB III.pdf] Text
SOLEH SUNGEDI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB IV.pdf] Text
SOLEH SUNGEDI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB V.pdf] Text
SOLEH SUNGEDI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI BAB VI.pdf] Text
SOLEH SUNGEDI BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of SOLEH SUNGEDI LAMPIRAN.pdf] Text
SOLEH SUNGEDI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik scaffolding
untuk meningkatkan motivasi menulis kritik sastra, mengetahui efektivitas teknik
scaffolding untuk meningkatkan kemampuan menulis kritik sastra, mengetahui
keefektifan pembelajaran dengan bantuan teknik scaffolding dibandingkan dengan
pembelajaran teknik konvensional.
Sesuai dengan tujuan tersebut di atas, dalam penelitian ini diterapkan metode
pre-experimental design yang merupakan salah satu metode penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian kuantitatif eksperimen ini terdapat dua sampel penelitian yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam peneitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada
semester genap tahun pelajaran 2011 / 2012. Adapun teknik sampling penelitian
yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Bentuk desain penelitian ini
pretest-posttest control group design dan diolah dengan uji t.
Dari hasil penelitian dapat terungkap: (1) ada perbedaan motivasi menulis
kritik sastra siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding
dengan yang konvensional; (2) ada perbedaan kemampuan menulis kritik sastra
siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding dengan
yang konvensional
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai t hitung = 5,259. Hasil
perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi
=0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (5,259) > t tabel (1,690), sehingga
dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan motivasi siswa
dalam menulis kritik sastra. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung =
22,048. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf
signifikansi =0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (22,048) > t tabel (1,690),
sehingga dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan
kemampuan menulis kritik sastra.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maman Suryaman, M.Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teknik Scaffolding, Motivasi Menulis Kritik Sastra, Kemampuan Menulis Kritik Sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:22
Last Modified: 04 Mar 2025 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item