Sungedi, Soleh (2013) Efektivitas Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Motivasi Menulis Kritik Sastra Dan Kemampuan Menulis Kritik Sastra (Kajian Eksperimental Pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
SOLEH SUNGEDI COVER.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB I.pdf Download (544kB) | Preview |
Preview |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB II.pdf Download (646kB) | Preview |
![]() |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
![]() |
Text
SOLEH SUNGEDI BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
Preview |
Text
SOLEH SUNGEDI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (519kB) | Preview |
![]() |
Text
SOLEH SUNGEDI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik scaffolding
untuk meningkatkan motivasi menulis kritik sastra, mengetahui efektivitas teknik
scaffolding untuk meningkatkan kemampuan menulis kritik sastra, mengetahui
keefektifan pembelajaran dengan bantuan teknik scaffolding dibandingkan dengan
pembelajaran teknik konvensional.
Sesuai dengan tujuan tersebut di atas, dalam penelitian ini diterapkan metode
pre-experimental design yang merupakan salah satu metode penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian kuantitatif eksperimen ini terdapat dua sampel penelitian yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam peneitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada
semester genap tahun pelajaran 2011 / 2012. Adapun teknik sampling penelitian
yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Bentuk desain penelitian ini
pretest-posttest control group design dan diolah dengan uji t.
Dari hasil penelitian dapat terungkap: (1) ada perbedaan motivasi menulis
kritik sastra siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding
dengan yang konvensional; (2) ada perbedaan kemampuan menulis kritik sastra
siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding dengan
yang konvensional
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai t hitung = 5,259. Hasil
perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi
=0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (5,259) > t tabel (1,690), sehingga
dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan motivasi siswa
dalam menulis kritik sastra. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung =
22,048. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf
signifikansi =0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (22,048) > t tabel (1,690),
sehingga dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan
kemampuan menulis kritik sastra.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Maman Suryaman, M.Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teknik Scaffolding, Motivasi Menulis Kritik Sastra, Kemampuan Menulis Kritik Sastra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 02:22 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 04:09 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |