EFEKTIVITAS TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS KRITIK SASTRA DAN KEMAMPUAN MENULIS KRITIK SASTRA (KAJIAN EKSPERIMENTAL PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 PURWOKERTO)

SUNGEDI, SOLEH (2013) EFEKTIVITAS TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS KRITIK SASTRA DAN KEMAMPUAN MENULIS KRITIK SASTRA (KAJIAN EKSPERIMENTAL PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 PURWOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI COVER.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
SOLEH SUNGEDI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
SOLEH SUNGEDI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
SOLEH SUNGEDI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
SOLEH SUNGEDI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
SOLEH SUNGEDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
SOLEH SUNGEDI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik scaffolding untuk meningkatkan motivasi menulis kritik sastra, mengetahui efektivitas teknik scaffolding untuk meningkatkan kemampuan menulis kritik sastra, mengetahui keefektifan pembelajaran dengan bantuan teknik scaffolding dibandingkan dengan pembelajaran teknik konvensional. Sesuai dengan tujuan tersebut di atas, dalam penelitian ini diterapkan metode pre-experimental design yang merupakan salah satu metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif eksperimen ini terdapat dua sampel penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2011 / 2012. Adapun teknik sampling penelitian yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Bentuk desain penelitian ini pretest-posttest control group design dan diolah dengan uji t. Dari hasil penelitian dapat terungkap: (1) ada perbedaan motivasi menulis kritik sastra siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding dengan yang konvensional; (2) ada perbedaan kemampuan menulis kritik sastra siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik scaffolding dengan yang konvensional Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai t hitung = 5,259. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi =0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (5,259) > t tabel (1,690), sehingga dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan motivasi siswa dalam menulis kritik sastra. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung = 22,048. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi =0,05 diperoleh t tabel 1,690. Maka t hitung (22,048) > t tabel (1,690), sehingga dapat dikatakan bahwa teknik scaffolding efektif meningkatkan kemampuan menulis kritik sastra.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maman Suryaman, M.Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teknik Scaffolding, Motivasi Menulis Kritik Sastra, Kemampuan Menulis Kritik Sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:22
Last Modified: 16 Jan 2018 02:22
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item