EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR Penelitian Eksperimen Kuasi Sekolah Dasar Kecamatan Banyumas

SAPTONO, EDI (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR Penelitian Eksperimen Kuasi Sekolah Dasar Kecamatan Banyumas. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EDI SAPTONO COVER.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EDI SAPTONO BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EDI SAPTONO BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
EDI SAPTONO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
EDI SAPTONO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
EDI SAPTONO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
EDI SAPTONO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Belajar menulis puisi merupakan salah satu cara siswa mengungkapkan gagasan yang ada dalam benak, yang kemudian dituangkan pada kata-kata dalam bentuk puisi. Selain itu, pembelajaran apresiasi puisi juga untuk meningkatkan daya nalar siswa guna berekspresi dalam berkarya. Kendala yang sering dijumpai dalam pembelajaran puisi adalah kurangnya menggunakan media pembelajaran yang tepat sasaran. Saat pembelajaran sering hanya menyalin saja dari buku teks yang sudah ada sehingga kebiasaan menulis puisi kurang diminati siswa. Pada umumnya pembelajaran puisi hanya hafalan dan sudah ada di buku, guru kurang melatih siswa untuk membiasakan menulis puisi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah perbedaan efektivitas antara pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran PAKEM dengan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan pembelajaran PAKEM pada siswa Sekolah Dasar kelas V di Kecamatan Banyumas ? Penelitian ini dirancang dengan eksperimen semu (quasi experimental), sedangkan desain yang digunakan adalah pretest-possttest control group design. Sampel diambil dari 6 SD di Kecamatan Banyumas yang diambil dengan teknik total sampling atau sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan efektivitas pembelajaran puisi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil tes pada kelompok eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis statistik Uji Beda (t-test) dengan nilai t-test menunjukkan angka sebesar 18,516 yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka sebesar 1,98. Dari hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, diterima/terbukti. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah : 1) Program MBS agar dapat diteruskan mengingat manfaatnya yang sangat besar dalam meningkatkan mutu, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran, 2) Pembelajaran PAKEM perlu diterapkan secara lebih intensif dalam pembelajaran menulis puisi di tingkat Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Parwati Maryam Sidharta; dan Drs. Kuntoro, M.Hum;
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pembelajaran PAKEM; menulis puisi;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:54
Last Modified: 10 Jan 2018 02:54
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item