UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNGJAWAB DAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA KELAS V MELALUI METODE TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG

RAHAYU, YANUARTI DWI (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNGJAWAB DAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA KELAS V MELALUI METODE TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAKAMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yanuarti Dwi Rahayu Cover.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yanuarti Dwi Rahayu Bab I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yanuarti Dwi Rahayu Bab II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
Yanuarti Dwi Rahayu Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
Yanuarti Dwi Rahayu Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
Yanuarti Dwi Rahayu Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
Yanuarti Dwi Rahayu Daftar Pustaka.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Permasalahan awal adalah tanggungjawab siswa yang rendah dan kemampuan menyimak cerita siswa yang kurang, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggungjawab dan kemapuan menyimak cerita melalui metode talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Selakambang yang berjumlah 39 siswa. Terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi, angket tanggung jawab, lembar observasi baik untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Hasil penelitian menunjukan metode talking stick dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemampuan menyimak cerita. Hal tersebut dibuktikan untuk tanggung jawab ditandai dengan meningkatnya nilai angket tanggung jawab siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-ratanya presentase 60,93% dengan kriteria tanggung jawab cukup. Dan meningkat pada siklus II dengan rata-ratanya presentae sebesar 80,89% dengan kriteria tanggung jawab tinggi. Untuk peningkatan kemampuan menyimak dibuktikan dengan peningkatan rata-rata dan presentase ketuntasan tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 69,49% dan ketuntasan klasikal 62,82%. Dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata yaitu 84,50% dan ketuntasan klasikal 85,67%. Jadi metode talking stick telah terbukti dapat meningkatakan tanggungjawab dan kemampuan menyimak cerita.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainudin, M.A. dan Drs. Pamujo, MM.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tanggungjawab, kemampuan menyimak, metode talking stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:35
Last Modified: 08 Jan 2018 03:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item