UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V PADA MATERI MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR SITUASI DI SDN 02 ARCAWINANGUN

IQLIMA, VIKA (2013) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V PADA MATERI MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR SITUASI DI SDN 02 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Vika Iqlima Cover.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vika Iqlima Bab I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Vika Iqlima Bab II.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
Vika Iqlima Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
Vika Iqlima Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Vika Iqlima Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img]
Preview
Text
Vika Iqlima Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Dari hasil wawancara dan observasi di SDN 02 Arcawinangun terdapat beberapa masalah yang timbul dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Menulis Puisi Bebas”. Permasalahan yang terjadi dikarenakan rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa di SDN 02 Arcawinangun. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis puisi bebas siswa kelas V SD Negeri 02 Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan skor tanggung jawab dengan persentase 72,9% kriteria tanggung jawab baik dan prestasi belajar dengan persentase ketuntasan belajar 84%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan skor tanggung jawab dengan persentase 86,7% kriteria tanggung jawab sangat baik dan prestasi belajar dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas siswa kelas V SD Negeri 02 Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, prestasi belajar, model pembelajaran examples non examples, media gambar situasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:20
Last Modified: 08 Jan 2018 02:20
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6802

Actions (login required)

View Item View Item