PENINGKATAN PENGEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B4 TK TUNAS RIMBA I CILACAP

SUWARNI, - (2010) PENINGKATAN PENGEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B4 TK TUNAS RIMBA I CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUWARNI COVER.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUWARNI BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUWARNI BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
SUWARNI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
SUWARNI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
SUWARNI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
SUWARNI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
SUWARNI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) berjudul “ Peningkatan Pengembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab pada siswa kelompok B.4 TK Tunas Rimba I Cilacap “. Ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan melalui metode tanya jawab pada siswa kelompok B.4 TK Tunas Rimba I Cilacap, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap pada tahun 2009 – 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B.4 TK Tunas Rimba I Cilacap yang berjumlah 15 siswa, penelitian ini dilaksanakan pada semester II atau semester genap tahun 2009 – 2010. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dan masing – masing siklus menempuh tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi berupa lembar pengamatan dan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan guru yang bertindak sebagai pengajar dan peneliti sebagai pengamat aktivitas siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan setiap siklusnya. Pada kondisi awal keberhasilan belajar ada 7 ( 47% ) dari 15 siswa. Dari kondisi awal ke siklus I ada peningkatan pembelajaran 13%. Pada siklus II ada peningkatan lagi, yaitu dari 15 siswa ada 12 ( 80% ) siswa yang berhasil dalam belajar. Sedangkan 3 ( 20% ) siswa belum tuntas dalam kegiatan pembelajaran disebabkan kondisi siswa terebut memang lemah berpikirnya dan juga keberaniannya yang kurang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Yuki Widiasari, S. Sos. M.A.
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BAHASA; METODE TANYA JAWAB;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:04
Last Modified: 04 Jan 2018 03:04
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item