UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI D ASAR MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V MIM KRAMAT

CAHYANINGRUM,, YULIA (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI D ASAR MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V MIM KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YULIA CAHYANINGRUM .... COVER.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIA CAHYANINGRUM .... BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIA CAHYANINGRUM .... BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
YULIA CAHYANINGRUM .... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
YULIA CAHYANINGRUM .... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
YULIA CAHYANINGRUM .... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
YULIA CAHYANINGRUM .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
YULIA CAHYANINGRUM .... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

5 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi perjuangan melawan penjajah, melalui Cooperatif Learning tipe Make a match . Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Kramat dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek psikomotor dan aspek afektif menggunakan lembar penilaian psikomotor dan lembar penilaian afektif. Untuk data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi atau post test pada akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar aspek psikomotor mata pelajaran IPS diperoleh persentase dengan rata-rata siklus I sebesar 73,10%, dan siklus II sebesar 87,11%. Hasil belajar aspek afektif mata pelajaran IPS diperoleh persentase dengan rata-rata siklus I sebesar 72,04%, dan siklus II sebesar 85,68%. Hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran IPS siklus I diperoleh persentase ketuntasan siklus I sebesar 50%, dan siklus II sebesar 90,90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MIM Kramat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Drs. Pamujo, MM,M.Pd., Muhammad Afandi, S.Pd,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar , IPS , Pembelajaran Make a match
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:13
Last Modified: 03 Jan 2018 04:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item