PENINGKATAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN KABUPATEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN KARANGGONDANG

LINTANTI, SRI (2012) PENINGKATAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN KABUPATEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN KARANGGONDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SRI LINTANTI .... COVER.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI LINTANTI .... BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI LINTANTI .... BAB II.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
SRI LINTANTI .... BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
SRI LINTANTI .... BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
SRI LINTANTI .... BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
SRI LINTANTI .... BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa menggunakan metode Kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SDN Karanggondang, Karanganyar Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Karanggondang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil prestasi belajar diperoleh dari tes eval uasi. Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu (1) Penggunaan metode Kooperatif tipe Jigsaw pada pembelaja ran PKn dapat meningkatkan pemahaman siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus yaitu s iklus I aktifitas siswa mencapai 52,79% dengan criteria kurang, sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 86% dengan criteria Baik. Hal ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa yang pada siklus I mendapatkan 53,79% dengan ketuntasan belajar 50% men jadi 85% dengan ketuntasan belajar 94% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Prof.Dr. Tukiran Tanireja, MM., Muhammad Afandi, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kooperatif tipe Jigsaw
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:07
Last Modified: 03 Jan 2018 03:07
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item