PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 1 SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015-2016

SUPRIYANTO, ASEP (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 1 SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ASEP SUPRIYANTO_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 1 Purbalingga dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 yang terdiri dari 32 siswa yaitu 18 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret - 12 April 2016 yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 1 Purbalingga menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2015-2016. Hal tersebut terbukti dari hasil pembelajaran pada sisklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 75.97 dan siswa yang di atas KKM sejumlah 19 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 59.38%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80.95 dan siswa yang di atas KKM sejumlah 24 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto., dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, menulis naskah drama, metode mind mapping
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Dec 2017 00:17
Last Modified: 30 Dec 2017 00:17
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item