UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS V SD NEGERI 1 PURBADANA

AMALIA, RISKI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS V SD NEGERI 1 PURBADANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RISKI AMALIA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISKI AMALIA BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISKI AMALIA BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
RISKI AMALIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
RISKI AMALIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
RISKI AMALIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
RISKI AMALIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
RISKI AMALIA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masa persiapan kemerdekaan melalui media permainan papan ular tangga di SD Negeri 1 Purbadana. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Purbadana yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penggunaan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil siswa pada mata pelajaran IPS, yaitu dari 15 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa yang tuntas di siklus II. Terjadi peningkatan sebanyak 4 siswa, atau mengalami peningkatan dari 65,22% pada siklus I menjadi 82,60% pada siklus II, atau terjadi peningkatan sebesar 17,38% dari siklus I ke siklus II. Indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 80%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masa persiapan kemerdekaan melalui media papan permainan ular tangga di SD Negeri 1 Purbadana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M. M., M. Pd dan Aji Heru Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Jigsaw II, Prestasi Belajar, dan Media permainan ular tangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 04:35
Last Modified: 29 Dec 2017 04:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item View Item