PENGARUH STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ANNISA, DIAN NURUL (2016) PENGARUH STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN NURUL ANNISA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NURUL ANNISA BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NURUL ANNISA BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
DIAN NURUL ANNISA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
DIAN NURUL ANNISA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
DIAN NURUL ANNISA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
DIAN NURUL ANNISA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
DIAN NURUL ANNISA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi student facilitator and explaining menggunakan media mind mapping berpengaruh terhadap rasa percaya dan prestasi belajar ipa siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Pretes-Postest Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Sokanandi dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data percaya diri menggunakan angket dan prestasi belajar IPA menggunakan tes evaluasi. Data dihitung degan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian rasa percaya diri menunjukkan ; t hitung ≥ t tabel, atau 2.048≥ 1,684, sehingga Ho ditolah dan Ha diterima. Perhitungan SPSS menguatkan hasil tersebut. Perhitungan menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan sebesar 0,01, hal ini berarti signifikan lebih kecil 0,05 atau 0,01 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi student facilitator and explaining berbasis mind mapping berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Hasil penelitian prestasi menunjukkan; t hitung ≥ t tabel , atau 2,038 > 1,684, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan SPSS juga membuktikan penilakan Ho dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,02 yang lebih kecil dari 0.05. Jadi strategi student facilitator and explaining menggunakan mind mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Okto Wijayanti, S.Pd,. M.A
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping, Percaya Diri, Prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:21
Last Modified: 29 Dec 2017 02:21
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item