UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDIRI

PRATIWI, DIAN NATA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEDIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN NATA PRATIWI COVER.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NATA PRATIWI BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NATA PRATIWI BAB II.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
DIAN NATA PRATIWI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
DIAN NATA PRATIWI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIAN NATA PRATIWI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
DIAN NATA PRATIWI DAFTAR PUISTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
DIAN NATA PRATIWI LAMAPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Kediri menunjukkan masih rendahnya kerjasama dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut. Siswa belum mampu melakukan kerjasama dikarenakan mereka menganggap bahwa hal tersebut hanya beban saja. Prestasi belajar siswa masih rendah dilihat dari hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) mata pelajaran IPS yang menunjukkan ketuntasan hanya sebesar 46,4%. Permasalahan tersebut harus segera diatasi berkaitan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kediri yang berjumlah 29 siswa. Yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kemampuan kerjasama siswa diperoleh dari angket yang diberikan pada setiap akhir siklus dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata angket kemampuan kerjasama siswa pada siklus I sebesar 3,47 meningkat pada siklus II sebesar 4,11. Prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,66 dengan ketuntasan 62%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,67 dengan ketuntasan 83%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, prestasi belajar, model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:16
Last Modified: 29 Dec 2017 02:16
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item View Item