UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN OUTBOND BEJANA AIR PADA SISWA PAUD DIPONEGORO 01 BALERAKSA KELOMPOK A SEMESTER GENAP KECAMATAN KARANG MONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012 - 2013

NOFIYANI, ALLIF (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN OUTBOND BEJANA AIR PADA SISWA PAUD DIPONEGORO 01 BALERAKSA KELOMPOK A SEMESTER GENAP KECAMATAN KARANG MONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012 - 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALLIF NOFIYANI - COVER.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALLIF NOFIYANI - BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALLIF NOFIYANI - BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
ALLIF NOFIYANI - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
ALLIF NOFIYANI - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
ALLIF NOFIYANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
ALLIF NOFIYANI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Me ningkatan Kemampuan Sains Anak Melalui Permainan Outbond bejana air pada Siswa PAUD Diponegoro 01 Baleraksa Kelompok A Semester Genap Kecamatan Karang Moncol Kabupaten PurbalinggaTahun Ajaran 2012 - 2013”. Peneliti mengambil judul tersebut dikarenakan pada kondisi awal kemampuan sains di Paud tersebut masih rendah, pembelajaran yang terkes an monoton dan kurang melibatkan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelompok A di PAUD Diponegoro 01 Baleraksa Kecamatan Karang Moncol Kabupaten Purbalingga pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/20 13 dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki - laki dan 13 siswa perempuan. Proses penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing - masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observa si dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan sains anak, tingkat keberhasilan yang meningkat dalam kemampuan memahami sains melalui permainan outbond bejana air pada kondisi awal, siswa yang belum berkembang berjumlah 10 anak atau 50% dari jumlah keseluruhan 20 siswa, sedangkan siswa yang mulai berkembang yaitu 3 anak atau 15%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 3 atau 15%, dan 4 siswa atau 20% dari 20 siswa berkembang sangat baik. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, kemampuan anak meningkat yaitu siswa yang belum berkembang berjumlah 0 dari 20 siswa atau 0%, kemudian anak yang mulai berkembang yait u ada 8 anak atau 40%, sedangkan siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 4 atau 20%, dan anak yang berkembang sangat baik atau dikatakan berhasil yaitu 8 anak dari 20 siswa atau 40%. Kemudian peneliti melajutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus II. Setelah diadakan perbaikan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus II, kemampuan sains anak semakin meningkat, yaitu siswa yang belum berkembang yaitu 0 atau 0%, kemudian siswa yang mulai berkembang yaitu 0 atau 0%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 3 atau 15%, dan siswa yang berkembang sangat baik yaitu 17 anak dari 20 siswa atau 85%. Upaya yang dilakukan untuk anak yang berkembang sesuai harapan agar menjadi berkembang sangat baik diberikan motivasi lagi. S ebaiknya untuk guru untuk lebih kreatif lagi dalam pembelajaran, variasi - variasi lagu juga harus diperbanyak sehingga tidak terkesan bosan. Pembelajaran juga sesekali dilakukan diluar ruangan jangan di dalam ruangan terus, biar anak bisa mengeksplor dunia luar. Untuk sekolah juga sebaikn ya menyediakan fasilitas - fasilitas y ang menunjang perkembangan anak . Sebaiknya setiap berapa bulan sekali dilakukan atau perlu adanya program home visit secara teratur sehingga da pat mengatasi permasalahan yang dihadapi anak baik dalam keluarga atau dalam lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Johni Dimyati, MM, 2, Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sains, Anak, Permainan, Outbond
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 00:21
Last Modified: 15 Nov 2021 06:29
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item