UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE EKSPLORASI DENGAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI KEBUN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN BINAUL MU’MININ KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012 - 2013

HIDAYAH, VITA NUR (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE EKSPLORASI DENGAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI KEBUN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN BINAUL MU’MININ KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012 - 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)

Abstract

Peneliti ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksplorasi Kegiatan Bercocok Tanam Dikebun Pada Anak Kelompok Bermain Binaul Mu’minin Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2012- 2013”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang dengan menunjukan benda. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan kelompok Bermain Binaul Mu’minin Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskritip dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata, tidak dituangkan da lam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam membilang dengan menunjukan benda. Hasil di buktikan pada kondisi awal hanya ada 2 anak (10%) yang sudah berkembang sangat baik dalam membilang dengan menunjukan benda, 4 anak (20%) anak yang sudah berkembang sesuai harapan, 6 anak (30%) anak yang sudah mulai berkembang sesuai dengan indicator yang di harapkan dalam RKH, sedangkan 8 anak ( 40%)anak belum berkembang sesuai indikator. Dan meningkat pada siklus I yaitu 9 anak ( 45% ) yang berkembang sangat baik, 3 anak (15%) berkembang sesuai harapan, 4 anak (20%) mulai berkembang, dan 4 anak (20%) belum berkembang, kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 18 (90%) berkembang sangat baik, sedangkan 2 anak (10%) mulai berkembang. Tindak lanjut untuk 2 siswa yang kemampuan kognitifnya mulai berkembang akan diberikan motivasi dan pendekatan kepada anak serta bimbingan kembali oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang dengan menunjukan benda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M., dan Anita Rosalina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif –Membilang –Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 20 Dec 2017 08:12
Last Modified: 20 Dec 2017 08:12
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6298

Actions (login required)

View Item View Item