PENGARUH KEMAMPUAN BEARGUMENTASI SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

KUSUMAWATI, MARETA EKA DEWI (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BEARGUMENTASI SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh kemampuan berargumentasi pada model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran biologi SMA Negeri Patikraja tahun ajaran 2012/2013, telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berargumentasi pada pembelajaran dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Patikraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.5 (kelas eksperimen) dan X.8 (kelas kontrol) SMA Negeri Patikraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 72,97, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 45,89. Hasil analisis uji korelasi menunjukan adanya korelasi yang signifikan antara kemampuan berargumentasi dengan hasil belajar, korelasi setiap aktivitas yang diamati memiliki tingkat korelasi dan signifikasi yang bervariasi. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa yang terkait dengan kemampuan berargumentasi siswa diperoleh prosentase rata-rata yang bervariasi pada setiap kriteria. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berargumentasi pada model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: biologi, cluster random sampling, hasil belajar, kemampuan berargumentasi, model problem based learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:35
Last Modified: 11 Dec 2017 06:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/6097

Actions (login required)

View Item View Item