UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 3 SIKUMPUL

SARI, SRI PURNAMA (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 3 SIKUMPUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitan mengenai Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar IPS Materi perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing telah dilaksanakan di SD Negeri 3 Sikumpul pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sikumpul, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I skor rata-rata percaya diri siswa 41,21 dengan kriteria percaya diri baik, dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata percaya diri siswa 44,56 dengan kriteria baik. Peningkatan skor rata-rata percaya diri siswa dari siklus I ke siklus II adalah 3,35. Sedangkan hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 53,93 dengan ketuntasan klasikal 57,14% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 66,79 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 12,86 dengan peningkatan ketuntasan klasikal adalah 28,57%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Sikumpul materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd. dan Drs. H. Sri Harmianto,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPS, Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:13
Last Modified: 06 Dec 2017 04:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item