HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS LEKSONO I KABUPATEN WONOSOBO

ERFIYANTO, EDY (2015) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS LEKSONO I KABUPATEN WONOSOBO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Edy Erfianto COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Edy Erfianto BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Edy Erfianto BAB II.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
Edy Erfianto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
Edy Erfianto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Edy Erfianto BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
Edy Erfianto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
Edy Erfianto LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan yang diberikan perawat atau caring, dalam asuhan keperawatan merupakan bagian dari bentuk kinerja perawat dalam merawat pasiennya yang mempunyai mutu dalam pelayanannya untuk memenuhi kepuasan pasien. Tujuan: mengetahui hubungan perilaku caring perawat dan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Leksono I Wonosobo Metode: penelitian deskriptif-analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek dengan cara mengumpulkan data sekaligus pada suatu saat artinya tiap subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap status karakter atau variabel subjek pada saat pemeriksaan Hasil: Perilaku caring perawat yang tidak baik dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS yang tidak puas sebesar 55,9% lebih besar daripada Perilaku Caring Perawat dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS yang baik, dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS yang tidak puas sebesar 25%. Perilaku caring perawat yang tidak baik dengan tingkat kepuasan pasien yang puas sebesar 44,1% lebih kecil daripada perilaku yang baik terhadap tingkat kepuasan pasien yang puas sebesar 75%. Hasil p value Pearson Chi S quare menunjukkan nilai = 0, 004 dengan nilai RP (95% CI) = 2,235 (1,280 – 3,904) menunjukan perilaku caring perawat yang tidak baik berpeluang 2,235 kali untuk terjadi ketidak puasan pasien peserta BPJS dari pada perilaku caring perawat yang baik. mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS yang tidak puas sebesar 60,5% lebih besar daripada mutu pelayanan yang baik dengan tingkat kepuasan peserta BPJS 918,8%. Mutu pelayanan yang tidak baik dengan tingkat kepuasan pasien puas lebih kecil daripada mutu pelayanan baik dengan tingkat kepuasan pasien puas sebesar 81,2%. Hasil p value Pearson Chi Square menunjukkan nilai = 0,0001 dengan nilai RP (95% CI) = 3,228 (1,698–6,137)menunjukkan mutu pelayanan yang tidak baik berpeluang 3,228 kali untuk terjadi ketidak puasan pasien peserta BPJS dari mutu pelayanan yang baik. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Leksono I Kabupaten Wonosobo

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Sodikin, A Kep. M.Kes PEMBIMBING II: Ragil Setiyabudi, SKM, M.Kes (Epid)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perilaku Caring Perawat, Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Pasien peserta BPJS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:35
Last Modified: 28 Nov 2022 04:15
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5873

Actions (login required)

View Item View Item