PERANAN PONDOK PESANTREN TERPADU AL-AS’ADIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN BAGI MASYARAKAT DESA SERED KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2001-2012

NURCHAYAT, . (2013) PERANAN PONDOK PESANTREN TERPADU AL-AS’ADIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN BAGI MASYARAKAT DESA SERED KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2001-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nurchayat_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurchayat_BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurchayat_BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Nurchayat_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
Nurchayat_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
Nurchayat_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Nurchayat_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
Nurchayat_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keadaan wilayah Desa Sered Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara, pendirian Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah, perkembangannya serta peranan dalam meningkatkan pendidikan bagi masyarakat Desa Sered Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode historis dengan pendekatan sosiologis. Penelitian yang menggunakan metode historis meliputi pemilihan topik, heuristik, kritik sumber atau verifikasi (kritik eksteren dan kritik intern), interprestasi (analisis dan sintesis) dan historiografi.Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah adalah salah satu cabang tidak langsung dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah berdiri pada tahun 2001 yang di awali dengan peletakan batu pertama oleh pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur KHR.Ahmad Fawaid As’ad. Berawaal dari pengajian biasa anak-anak kampung atau anak-anak Desa Sered yang di adakan setiap sehabis magrib sampai ‘isya. Pada awalnya bernama Majelis Ta’lim Miftahul Ulum dengan jumlah anak mengaji sekitar 5-10 anak. Akan tetapi sesuai dengan perubahan waktu jumlah anak yang belajar mengaji semakin bertambah. Kata “terpadu” merupakan istilah umum (formal) dan pendidikan pesantren, pendidikan umum (formal). Peran pondok pesantren dalam bidang pendidikan keagamaan merupakan peran yang terprogram, yaitu berusaha melaksanakan fungsi-fungsi menejemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan. Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah juga memberikan peran pendidikan sosial bagi masyarakat Desa Sered serta pendidikan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag. dan Dr. Tanto Sukardi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Desa Sered, Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah, Peranan Pondok Pesantren Terpadu Al-As’adiyah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:30
Last Modified: 29 Nov 2017 03:30
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item