ASIH WULANDARI, NUR (2017) IMPLEMENTASI PENGATURAN TEMPAT DUDUKSISWA DALAM P EMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN WANGON. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI .... COVER.pdf]
Preview
Text
NUR ASIH WULANDARI .... COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI .... BAB I.pdf]
Preview
Text
NUR ASIH WULANDARI .... BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI ... BAB II.pdf]
Preview
Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI ... BAB III.pdf] Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI ... BAB IV.pdf] Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI .... BAB V.pdf] Text
NUR ASIH WULANDARI .... BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI ...  DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
NUR ASIH WULANDARI ... DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[thumbnail of NUR ASIH WULANDARI .... LAMPIRAN.pdf] Text
NUR ASIH WULANDARI .... LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan pola pengaturan tempat
duduk
, aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk, dan respon siswa
terhadap pengaturan tempat duduk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Fokus
penelitian pada implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran
di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon. Partisipan penelitian ini
t
erdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi
pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri
banyak yang menggunakan pola pengaturan tempat duduk siswa berbentuk
konvensional, sedangkan pola pengaturan tempat duduk di sekolah swasta lebih
bervariatif, yaitu menggunakan pola pengaturan berbentuk konvensional, formasi
U, formasi H, dan pemisahan kelompok. Aspek pertimbangan dalam pengaturan
tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta
Kecamatan Wangon, yaitu aspek biologis, intelektual, dan psikologis siswa.
Respon siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran
di sekolah dasar negeri dan swasta menunjukkan respon positif dan negatif.
Respon positif ditunjukkan dengan rasa suka dan kenyamanan siswa terhadap pola
pengaturan tempat duduk, sedangkan respon negatif ditunjukkan dengan rasa
tidak suka atas ketidaknyamanan karena lingkungan belajar yang selalu berubah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Drs. Sony Irianto, M.Pd., Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengaturan tempat duduk, sekolah dasar negeri, sekolah dasar swasta
Subjects: L Education > LE Individual institutions (America except United States)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: 2101040038 .
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:05
Last Modified: 12 Jun 2024 04:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item