ASIH WULANDARI, NUR (2017) IMPLEMENTASI PENGATURAN TEMPAT DUDUKSISWA DALAM P EMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN WANGON. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
NUR ASIH WULANDARI .... COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
NUR ASIH WULANDARI .... BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB II.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
||
Text
NUR ASIH WULANDARI ... BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text
NUR ASIH WULANDARI .... BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text
NUR ASIH WULANDARI ... DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
||
Text
NUR ASIH WULANDARI .... LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan pola pengaturan tempat duduk , aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk, dan respon siswa terhadap pengaturan tempat duduk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Fokus penelitian pada implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon. Partisipan penelitian ini t erdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri banyak yang menggunakan pola pengaturan tempat duduk siswa berbentuk konvensional, sedangkan pola pengaturan tempat duduk di sekolah swasta lebih bervariatif, yaitu menggunakan pola pengaturan berbentuk konvensional, formasi U, formasi H, dan pemisahan kelompok. Aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon, yaitu aspek biologis, intelektual, dan psikologis siswa. Respon siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta menunjukkan respon positif dan negatif. Respon positif ditunjukkan dengan rasa suka dan kenyamanan siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk, sedangkan respon negatif ditunjukkan dengan rasa tidak suka atas ketidaknyamanan karena lingkungan belajar yang selalu berubah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Sony Irianto, M.Pd., Dr. Sriyanto, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | pengaturan tempat duduk, sekolah dasar negeri, sekolah dasar swasta |
Subjects: | L Education > LE Individual institutions (America except United States) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Kasto . |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 02:05 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 04:14 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5703 |
Actions (login required)
View Item |