PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI MENYEDERHANAKAN PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGNANAS

ARIFFAYATUN, IGA DWISUKMA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI MENYEDERHANAKAN PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGNANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
IGA DWISUKMA ARIFFAYATUN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan datanya untuk aspek kognitif dilakukan dengan soal evaluasi, untuk aspek afektif dilakukan dengan lembar peniliaian diri yang berupa angket, dan untuk aspek psikomotor dilakukan dengan lembar unjuk kerja. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu materi menyederhanakan pecahan. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu (1) pada aspek kognitif dari Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel atau 4,29 > 2,000; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui perhitungan SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa Ha diterima. Sehingga, model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangnanas. (2) Pada hasil belajar aspek afektif dari hasil uji t diperoleh thitung<ttabel atau 0,17 < 2,000; sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Melalui perhitungan SPSS 16,0 didapatkan pula signifikasi 0,123 yang menunjukkan Hoditerima dan Ha ditolak. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe NHT tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek afektif pada siswa Kelas IV SD Negeri 1 Karangnanas. (3) Pada aspek psikomotor dari Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel atau 3,135 >2,000; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui perhitungan SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa Ha diterima. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberi pengaruh terhadap hasil belajar matematika aspek psikomotor siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangnanas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A
Uncontrolled Keywords: penelitian eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 25 Nov 2017 04:00
Last Modified: 25 Nov 2017 04:00
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item