UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN AZ – ZAHRA KALIKAJAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012-2013

BHINTARI, RANI USAY (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN AZ – ZAHRA KALIKAJAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rani Usay Bhintari_JUDUL.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rani Usay Bhintari_BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rani Usay Bhintari_BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
Rani Usay Bhintari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
Rani Usay Bhintari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
Rani Usay Bhintari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
Rani Usay Bhintari_DAFTAR PUSTAKApdf.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Demonstrai Dengan Media Picture And Picture Pada Siswa Kelompok Bermain Az – Zahra Kalikajar Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2012 – 2013”. Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya perkembangan bahasa anak yang masih belum berkembang dengan maksimal. Anak kurang tertarik dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru pada saat guru sedang menerangkan. Sehingga memerlukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran pada metode yang digunakan guru. Subyek dari penelitian ini berjumlah 21 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan bahasa anak dalam mengungkapkan pendapat yang semakin meningkat. Pada kondisi awal, anak didik yang sudah berhasil mencapai indikator yang ditetapkan dengan berkembang sangat baik (BSB) ada 2 anak atau 9,5%, sedangkan 2 anak atau 9,5% berkembang sesuai harapan (BSH), 14 anak atau 66,7% sudah mulai berkembang (MB) dan 3 anak atau 14,3% belum berkembang (BB). Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keberhasilan anak meningkat yaitu ada 3 anak atau 14,3% berkembang sangat baik (BSB), 5 anak atau 23,8% sudah berkembang sesuai harapan (BSH), 11 anak atau 52,4% sudah mulai berkembang (MB), dan 2 anak atau 9,5% anak belum berkembang (BB). Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus II, kemampuan bahasa anak yang mencapai tahap berkembang sangat baik (BSB) yaitu 6 anak atau 28,6% dan 12 anak atau 57,1% sudah berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan sisanya 3 anak atau 14,3% mulai berkembang (MB). Jika mengacu pada prosentase keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%, hasil peningkatan kemampuan bahasa mengungkapkan pendapat anak telah mencapai tingkat keberhasilan 85,7% maka tindakan penelitian ini telah berhasil. Untuk menindak lanjut 3 anak yang mulai berkembang (MB) tersebut, peneliti melakukan kolaborasi dengan orang tua untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Tukiran Taniredja, M.M. dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Metode Demonstrasi, Media Picture and Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:50
Last Modified: 20 Nov 2017 01:50
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item