UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KARYAWISATA ALAM PADA TK PERTIWI LEDUG KECAMATAN KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012-2013

ANGGRAENI, ENI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE KARYAWISATA ALAM PADA TK PERTIWI LEDUG KECAMATAN KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB V_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ENI ANGGRAENI_PAUD'13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “ Upaya meningkatkan kreativitas menggambar melalui metode karya wisata alam pada TK Pertiwi Ledug Kecamatan Kembaran Tahun Ajaran 2012-2013”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar pada anak usia dini, dengan jumlah peserta didik 20 anak yang terdiri dari 12 anak putra dan 8 anak putri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kreativitas menggambar anak yang semakin meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi awal anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak atau 10%, anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak atau 15%, anak yang Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak atau 5%, sedangkan anak yang Belum Berkembang (BB) ada 14 anak atau 70%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keberhasilan anak pada siklus I persentase kreativitas menggambar anak meningkat. Anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 8 anak atau 40%, anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak atau 10%, anak yang Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak atau 5%, sedangkan anak yang Belum Berkembang (BB) ada 9 anak atau 45%. Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus yang ke II, kreativitas menggambar anak meningkat. Anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 16 anak atau 80%, anak yang berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 1 anak atau 5%, anak yang Mulai Berkembang (MB) ada 2 anak atau 10%, sedangkan anak yang Belum Berkembang (MB) ada 1 anak atau 5%. Jika mengacu pada persentase keberhasilan yang telah ditetapkan hasil peningkatan kreativitas menggambar anak mencapai tingkat keberhasilan > 80%, maka tindakan perbaikan pada siklus II telah berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. TukiranTaniredja., dan Yuki Widiasari, Sos.MA.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menggambar, Metode Karyawisata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2017 00:53
Last Modified: 31 May 2024 07:25
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item