HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS

PUTRI, DESTI ALISA (2013) HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Desti Alisa Putri COVER.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desti Alisa Putri BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desti Alisa Putri BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
Desti Alisa Putri BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
Desti Alisa Putri BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
Desti Alisa Putri BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
Desti Alisa Putri DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
Desti Alisa Putri LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan nilai subjektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Walaupun subjektif tetap ada dasar objektifnya, terutama penilaian pasien yang dilandasi oleh pengalaman masa lalu, pendidikan, situasi psikis waktu, dan kenyataan yang ada. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pelayanan gawat darurat di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas. Metode Penelitian: Menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien yang masuk melalui IGD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 93 responden. Hasil: Hasil analisis hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pelayanan gawat darurat yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan kesehatan baik sebesar 73 (78,5%) dan yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan cukup baik sebesar 20 (21,5%). Sedangkan yang menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan sebesar 75 (80,6%) dan yang menyatakan cukup puas terhadap pelayanan kesehatan sebesar 18 (19,4%). Penelitian ini menggunakan uji square didapatkan nilai p value adalah 0,000 dimana p< 0,05 artinya ada hubungan antara dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pelayanan gawat darurat. Nilai OR = 0,087, hal ini berarti kualitas pelayanan yang baik mempunyai resiko atau peluang 0,087 kali untuk menyebabkan pasien merasa puas dibandingkan dengan kualitas yang cukup baik. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa ada hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pelayanan gawat darurat Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: 1.Kris Linggardini, S. Kp., M. Kep., 2.Ns. Darmini, S. Kep,
Uncontrolled Keywords: dimensi kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, gawat darurat.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Yuni Sri Subkhaini
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:18
Last Modified: 15 Nov 2017 03:18
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item