PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN BERSEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAMIJEN

INDRIYANTO, EKO (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN BERSEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAMIJEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eko Indriyanto_JUDUL.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eko Indriyanto_BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eko Indriyanto_BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
Eko Indriyanto_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
Eko Indriyanto_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
Eko Indriyanto_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
Eko Indriyanto_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa pokok bahasan menghargai peninggalan bersejarah di SD Negeri 2 Pamijen Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Pamijen yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 44,4 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 42,85% Kemudian hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 81,74 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 85,71%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Pembelajarankooperativ model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, IPS, Snowball Throwing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:28
Last Modified: 06 Nov 2017 01:28
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item