HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD PAVILIUN ABIYASA RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

HARYADI, BEKTI (2013) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD PAVILIUN ABIYASA RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BEKTI HARYADI COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BEKTI HARYADI BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BEKTI HARYADI BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BEKTI HARYADI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BEKTI HARYADI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BEKTI HARYADI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
BEKTI HARYADI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Salah satu upaya dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat, adalah meningkatkan kualitas pelayanan oleh tenaga kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di IGD Paviliun Abiyasa RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey analitic dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian semua pasien yang sedang mendapatkan pelayanan kesehatan di IGD Paviliun Abiyasa RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jumlah sampel 68 orang. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukan persepsi pasien tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan sebagian besar cukup baik (58,8%) dan sebagian kecil kurang baik (4,4%). Persepsi pasien tentang kepuasan sebagian besar cukup puas (60,3%) dan sebagian kecil kurang puas (5,9%). Persepsi pasien yang baik sebagian besar puas tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan (60%). Persepsi pasien yang cukup baik sebagian besar cukup puas tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan (77,5%) dan persepsi pasien yang kurang baik seluruhnya cukup puas tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan (100%). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di IGD Paviliun Abiyasa RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto ( p = 0,029 < = 0,05; rho = 0,323). Kesimpulan: Ada hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Arikh Ratna Purwadi, S.Kep, NS, MH dan Hj. Yulianti Suswari, S.Kp
Uncontrolled Keywords: Perception; Patient; Serving; Health Holder; Satisfaction;
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:08
Last Modified: 26 Jan 2017 02:08
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item