PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA REKAMAN PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 KROYA CILACAP TAHUN AJARAN 2012-2013

RAHAYU, ATIK AGUSTIN PAMUJI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA REKAMAN PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 KROYA CILACAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ATIK AGUSTIN COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ATIK AGUSTIN BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ATIK AGUSTIN BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
ATIK AGUSTIN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
ATIK AGUSTIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
ATIK AGUSTIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
ATIK AGUSTIN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
ATIK AGUSTIN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “ Peningkatan Kemampuan Menyimak Wawancara Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Media Rekaman Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2012-2013”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak wawancara melalui model pembelajaran Cooperative Script dengan media rekaman pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kroya kabupaten Cilacap tahun ajaran 2012-2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan evaluasi atau refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru bidang studi yang bertindak sebagai pengajar dan peneliti sebagai pengamat aktivitas siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas 69, 12 dan yang mencapai tuntas belajar 19 siswa atau 31,35%. Setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran Cooperative Script dengan media rekaman pada siklus I nilai rata-rata 75,07, siswa yang tuntas belajar 24 atau 64,86%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81,55 dan yang tuntas belajar 31 siswa atau 83, 78%. Jadi kemampuan menyimak wawancara melalui model pembelajaran Cooperative Script dengan media rekaman pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kroya Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2012-2013 menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd, dan Dra. Siti Fathonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN; KEMAMPUAN MENYIMAK; WAWANCARA; MODEL PEMBELAJARAN; COOPERATIVE SCRIPT; DENGAN MEDIA REKAMAN
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:46
Last Modified: 26 Jan 2017 01:46
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item