PRATIWI, AGUSTIN NINDY (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS IV SD NEGERI 1 MANDURAGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Agustin Nindy Pratiwi_JUDUL.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB I.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
![]() |
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
|
Text
Agustin Nindy Pratiwi_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (560kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Agustin Nindy Pratiwi_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitan tentang peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa materi IPA tentang perubahan wujud benda melalui metode penemuan terbimbing telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Manduraga pada bulan November 2012 pada minggu ketiga dan keempat. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Negeri 1 Manduraga. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pada tes kreativitas siswa, yang dilaksanakan pada akhir siklus menunjukkan rata-rata nilai 11,13 dengan persentase ketuntasan belajar 60,87% dan kriteria cukup kreatif, tes prestasi belajar siswa dengan rata-rata 68,87 persentase ketuntasan 69,57% dengan kriteria baik. Hasil penelitian pada siklus II pada hasil tes kreativitas siswa menunjukkan rata-rata nilai 15,78 dengan persentase ketuntasan belajar 86,96% dengan kriteria kreatif, tes prestasi belajar siswa dengan rata-rata 77,57 persentase ketuntasan 91,30% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa materi IPA tentang perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Manduraga.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Prestasi, Metode Penemuan Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 03:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 03:14 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |