PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS IV SD NEGERI 1 MANDURAGA

PRATIWI, AGUSTIN NINDY (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS IV SD NEGERI 1 MANDURAGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Agustin Nindy Pratiwi_JUDUL.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Agustin Nindy Pratiwi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
Agustin Nindy Pratiwi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
Agustin Nindy Pratiwi_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitan tentang peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa materi IPA tentang perubahan wujud benda melalui metode penemuan terbimbing telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Manduraga pada bulan November 2012 pada minggu ketiga dan keempat. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Negeri 1 Manduraga. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pada tes kreativitas siswa, yang dilaksanakan pada akhir siklus menunjukkan rata-rata nilai 11,13 dengan persentase ketuntasan belajar 60,87% dan kriteria cukup kreatif, tes prestasi belajar siswa dengan rata-rata 68,87 persentase ketuntasan 69,57% dengan kriteria baik. Hasil penelitian pada siklus II pada hasil tes kreativitas siswa menunjukkan rata-rata nilai 15,78 dengan persentase ketuntasan belajar 86,96% dengan kriteria kreatif, tes prestasi belajar siswa dengan rata-rata 77,57 persentase ketuntasan 91,30% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa materi IPA tentang perubahan wujud benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Manduraga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi, Metode Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:14
Last Modified: 25 Oct 2017 03:14
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item