SULASTRI, IYAS (2017) MODEL PENDIDIKAN ANAK MENURUT AJARAN NABI MUHAMMAD DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Download (792kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
![]() |
Text
BAB IV_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
![]() |
Text
BAB V_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Download (701kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_IYAS SULASTRI_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui model pendidikan anak menurut ajaran Nabi Muhammad dan implikasinya dalam pembentukan kepribadian Islami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan teknik pengumpulan data dokumenter. Analisis data menggunakan metode content analysis dengan pendekatan induktif. Langkah-langkah analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Model pendidikan anak menurut ajaran Nabi Muhammad mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan pribadi anak dan dapat mengurangi kemerosotan moral karena semua ajaran agama Islam adalah merupakan dasar atau acuan dalam pembinaan moral anak dan ajaran agama Islam ini tidak ada yang bertentangan dengan nilai-nilai moral yang ada dalam masyarakat. Pendidikan tersebut harus diberikan baik kepada keluarga, masyarakat maupun lewat lembaga pendidikan atau sekolah, agar anak dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya. Bila seseorang telah mengamalkan ajaran agamanya dengan keyakinan yang mantap yang tentunya dengan kesadaran diri tanpa adanya paksaan dari luar maka bisa dikatakan bahwa moral seseorang itu baik. Dengan demikian, anak-anaknya akan berkembang menjadi anak yang shalih dan berkepribadian islami.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Makhful, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pendidikan Anak, Kepribadian Islami |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 01:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 01:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |