PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI – NILAI RELIGIUSITAS KEPADA SISWA MA MUHAMMADIYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

WAHAB, ABDUL (2017) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI – NILAI RELIGIUSITAS KEPADA SISWA MA MUHAMMADIYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB IV_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ABDUL WAHAB_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan peneliti memilih judul ini adalah sebagai berikut: mengetahui peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai religiusitas kepada siswa MA Muhammadiyah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Subyek penelitian adalah bapak ibu guru MA Muhammadiyah Purwokerto adapun jumlah guru yang diwawancarai ada 5 orang, guru akidah akhlak, guru qur’an hadist, guru pkn, guru biologi dan guru geografi . Metode penggumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan metode deskritif kualitatif, dengan menggunakan metode penggumpulan data yang bersifat triangulasi yang bersifat induktif-kualitatif dengan langkah analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, bisa diambil kesimpulan bahwa peranan guru di MA Muhammadiyah Purwokerto Kabupaten Banyumas dalam mengembangkan nilai-nilai religiusitas kepada siswa, sangatlah penting yang terbagi menjadi tiga dimensi religiusitas yaitu: 1) dimensi keyakinan berupa akan materi (pemahaman), keteladan, kedekatan hati ke hati (keikhlasan) 2) dimensi peribadatan atau praktek agama, yang berisi kegiatan tadarus al-Qur’an, hafalan ayat juz 30, 29, 28, hadist arba’in, doa harian, sholat dhuha, sholat wajib berjama’ah, dan pelatihan manasik haji serta mubaligh hijrah. 3) dimensi pengalaman atau akhlak yang berisi menciptakan budaya senyum, salam dan sapa (3S), saling hormat dan toleran antar guru, siswa dengan siswa, jujur dan peduli dalam bermasyarakat serta memberi hukuman yang bersifat mendidik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Nilai Religiusitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Oct 2017 00:07
Last Modified: 06 Oct 2017 00:07
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item View Item