TANZANI,, MUHAMMAD AFIF (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA DI SMP NEGERI 3 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan spasial siswa di SMP Negeri 3
Banyumas. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 3 Banyumas
pada tanggal 22 April s.d. 6 Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskript
if kualitatif
. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling
. Subyek penelitian ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu
kelompok kecerdasan spasial tinggi, kelompok kecerdasan spasial sedang, da
n
kelompok kecerdasan spasial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Siswa kelompok
kecerdasan spasial tinggi mampu menguasai enam indikator kemampuan
penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, menemukan pola untuk membuat
generalisasi, menarik kesimpulan dari pernyataan, membuktikan kebenaran suatu
solusi, melakukan manipulasi matematika, dan memeriksa kesahihan suatu
argumen; (2) Siswa kelompok kecerdasan spasial sedang mampu menguasai
empat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan,
menemukan pola untuk membuat generalisasi, melakukan manipulasi matematika,
dan memeriksa kesahihan suatu argumen; dan (3) Siswa kelompok kecerdasan
spasial rendah mampu menguasai tiga indikator kemampuan penalaran matematis
yaitu mengajukan dugaan, menarik kesimpulan dari pernyataan, dan melakukan
manipulasi matematika.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing Pembimbing: Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Spasial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2017 04:26
Last Modified: 30 Sep 2017 04:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item