WARDANI, NURDIKARI ANINTYA (2017) PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MENGGUNAKAN MODEL MARRY GO ROUND BERBANTU GAME KERETA MANUSIA BUTA DI KELAS V SD NEGERI PASIR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
NURDIKARI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
NURDIKARI BAB I.pdf Download (668kB) | Preview |
Preview |
Text
NURDIKARi BAB II.pdf Download (877kB) | Preview |
![]() |
Text
NURDIKARI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
NURDIKARI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
NURDIKARI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Preview |
Text
NURDIKARI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (579kB) | Preview |
![]() |
Text
NURDIKARI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian di SD Negeri Pasir Wetan dilatarbelakangi oleh rendahnya
kerjasama dan prestasi belajar peserta didik di kelas V pada materi peristiwa
sekitar proklamasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada materi peristiwa sekitar
proklamasi melalui model pembelajaran Marry Go Round berbantu game kereta
manusia buta. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri
Pasir Wetan yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik
laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindaka Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali
pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi. Data kemampuan kerjasama peserta didik diperoleh dari angket yang
diberikan pada setiap akhir siklus dan data prestasi belajar peserta didik diperoleh
dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan
penelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata angket kerjasama peserta didik pada
siklus I sebesar 2,90 meningkat pada siklus II sebesar 3,56 . Prestasi belajar
peserta didik memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,14 dengan
ketuntasan 54,28%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,71 dengan
ketuntasan 94,28%. dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
kooperatif tipe Marry Go Round dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi
belajar peserta didik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto M.Pd., dan Agung Nugroho M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama; Prestasi belajar; model kooperatif tipe Marry Go Round; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 01:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 01:48 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |